Thursday, October 25, 2012

Khasiat Bayam Merah



Khasiat Bayam Merah


tiarafoods.blogstpot.com -  Tanaman bayam berasal dari Amerika tropik dan mudah tubuh dan tersebar di daerah tropis dan subtropics di seluruh dunia. Tanaman bayam semula dikenal sebagai tumbuhan hias. Dalam perkembangan selanjutnya, tanaman bayam dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein, terutama untuk negara-negara berkembang.
Bayam termasuk anggota keluarga Amaranthaceae. Dikenal sebagai Amaranthus spp. Amaranth dalam bahasa Yunani berarti everlasting (abadi). Bayam yang biasa dikonsumsi sebagai sayuran dikenal dengan bayam cabutan (bayam sekul) terdapat 3 varietas bayam yang termasuk kedalam Amaranthustricolor, yaitu :
  • Bayam hijau biasa, bayam merah (blitum rubum) yang berwarna hijau keputih – putihan.
  • Daun dan batang bayam merah mengandung cairan warna merah. Selain A. Tricolor terdapat bayam jenis lain.
  • Bayam kakap (A. Hybridus) bayam duri (A. Spinosus) dan bayam kotok / bayam tanah (A Blitum).

Jenis bayam yang sering dibudidayakan adalah A. Tricocor dan A. Hybridus sedangkan jenis bayam lainnya tumbuh liar. Khasiat dari bayam secara umum adalah dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Akar bayam merah berkhasiat sebagai obat disentri. Cuci 10 batang akar bayam merah sampai bersih lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh sambil diaduk rata, lalu saring. Untuk pengobatan, minum air saringannya sekaligus. Dibandingkan bayam hijau, bayam merah kurang populer, meskipun kaya akan gizi.
Dalam bayam merah terdapat vitamin A, B1, B2, C, dan niasin, juga mineral seperti zat besi, kalsium, mangan, dan fosfor. Mengandung banyak serat dan di dalam daunnya terdapat karotein, klorofil, dan saponin. Pada batangnya ditemukan alkaloid, flavonoid, dan polifenol. Bayam selain digunakan sebagai sayuran pelengkap hidangan juga mempunyai banyak manfaat dan khasiat, termasuk bayam merah (Blitum rubrum).

Kandungan kimia dari bayam merah : bayam merah banyak mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin, dan vitamin (A, B , C)

Khasiat Bayam merah :
  • Khasiat dari bayam merah secara umum adalah dapat meningkatkan kerja  ginjal dan melancarkan pencernaan
  • Akar bayam merah berkhasiat sebagai obat disentri
  • Bayam termasuk sayuran yang dapat digunakan untuk melancarkan proses buang air besar
  • Makanan berserat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing manis, kolestrol, darah tinggi, dan menurunkan berat badan
  • infus daun bayam merah 30% per oral dapat meningkatkan kadar besi serum, hemoglobin dan hematokrit kelinci yang dibuat secara nyata
sumber : kompashealth.com&aneka-khasiat.blogspot.com












1 comment:

  1. waaghhh baru tahu ane gan,,, bayam merah ternyata banyak khasiatnya,,,, heheheh

    ReplyDelete